Wikarya

been long time no write here cause I had hetic day fyi . Going home just for sleeping and taking rest .
I am joining a lot of organization in my school and I am trying to manage time as well as I can. I wanna write a lot of story. I am confused where must start all of this :3

DIKLAT WIKARYA

kalo kalian denger kata diklat apasih yang muncul di benak kalian?Iya pendidikan dan pelatihan, aku mikir diklat pasti juga bakal diajari tentang apa yang bakal dibahas di wikarya pertama kalinya. AH SALAH BESAR! eitss kalian tahu wikarya itu apa? wikarya itu bukan singkatan atau apa :3 itu salah satu nama subsie di smaga yang ngurusi kejurnalistikan, artistik, dan karikatur semua dikupas disitu. Milih anggota wikarya juga pake sekeksi terlebih dahulu.Seleksinya dua hari. hari pertama itu tertulis ya gitulah kaya ngerjain soal Bahasa Indonesia haha hari keduanya wawancara mulai dari kepemimpinan sampai kepribadian. aku sih ga berharap banyak di tes wawancara aku jawab sebisaku dan sebebasku mengarang indah :3 

oke lewatkan masa seleksiku yang super duper cupu ituu :3 trus waktu mendekati Idul Adha' waktu 9 dzulhijjah habis aku sholat dhuha ga alim sih tapi itu lagi hari Arafah kali aja diijabah do'anya haha aaamiinn. nah habis itu aku balik ke kelas pas udah jam istirahat usai, aku langsung ditarik oleh temanku untuk membuka surat yang diperuntukkan untukku--katanya dari wikarya. Pengumuman ku pikir. Ya benar.. dan jeng jeng... ada tulisan DITERIMA disana. 

Belum berhenti sampai disini, itu tulisannya baru "calon anggota wikarya". trus syarat kalau pingin offcial gimana kak? | kasih tahu gak ya?| ya caranya itu.. DIKLAT. The one and only. aku mulai ketakutan biasanya diklat-diklat subsie di smaga itu bakal dibentak-bentak dan harus cari biodata kakak(kelas 11) dan super kakak (kelas 12) yang dulu juga mengikuti wikarya. aku sudah mabuk kepayang memikirkannya. nah di pengumuman itu tertulis aku harus mengikuti TM pada hari Jum'at 18 Oktober 2013 kalo ga salah.

18 Oktober 2013
aku memasuki kelas yang digunakan untuk TM. cukup menyenangkan untuk kali ini, karena kami disambut antusias oleh kakak-kakak wikarya. Ketika aku duduk meletakkan tasku aku terkejut melihat papan tulis yang udah penuh sama tulisan buku, logo, pembekalan dan apa lah itu. Aku mengeluarkan bukuku dan menulis semua yang ada di papan tulis. mulai dari 2 buku 50 lembar yang disamak biru wikarya dan dikasih logo wikarya. Penghapus, penggaris, pensil polos biru logo wikarya begitu tertulis. ada co-card juga yang berukuran 27,10 x 20,13 dan harus pop up. Tanggal 21-24 Oktober 2013 tertulis pembekalan. aku bingung apa itu pembekalan? ternyata pembekalan itu diklat ruang yang mengharuskan kita on time :3 ga kaya TM yang telat aja ga kena semprot.
#Buku Wikarya 
untuk buku wikarya juga ada aturannya tersendiri. depan harus ditulis biodata kita, lembar berikutnya biodata super kakak halaman berikutnya biodata kakak yang telah ditentukan poin-poinnya. untuk 25 lembar selanjutnya (belakang) ditulis biodata saudara. Oya kami terpilih 25 anggota wikarya. Nah untuk 25 lembar belakang itu harus dibalik bukunya. ya seperti itulah ntar angkatan dibawahku juga akan mengerti :D
Kami juga diajari cara meminta biodata plus tanda tangan ke kakak dan super kakak. kami harus mengucapkan salam "Wikarya! Berkarya dengan asa!" lalu mengutarakan nama kelas dan keperluan. kalo udah semua jangan lupa bilang terimakasih dan salam lagi haha

selesai TM kami masih kumpul di food court guna membicarakan semua barang-barang dan biodata saudara. itu cukup ribet juga akhirnya aku kebagian buat bawa penghapus biru wikarya. aku mikir penghapus nya tadi dibentuk logo wikarya ga ya?? :| kami kumpul di food court sampai jam 4 sore akhirnya. sebenarnya itu belum selesai... entahlah ! 

21 Oktober 2013
Ya hari pertama diklat pembekalan atau diklat ruang. jujur untuk hari pertama kami seangkatan belum nyari biodata kakak karena format buku kami belum kompak. diklat ini mengharuskan segalanya harus kompak. sebelum ke ruang diklat kami kumpul di 10 IA 1 kurang 10 menit kami masih membuat co-card. Oh tidak. alamat kami telat dan siap kena semprot. akhirnya jam 2 lebih 10 kami menaiki anak tangga dan baris sesuai yang sudah direncanakan. Muka para kakak itu .. mulai sangar. ah mungkin cuman perasaanku aja. pertamanya ya.. kami disambut super kakak yang menjelaskan tentang proker wikarya dan divisi yang ada di wikarya. mereka bertanya kalian sebenernya tahu ga sih kenapa harus ada diklat? kami tak ada yang bertanya dan tak mau menjawab. sebenernya aku juga penasaran :3 setelah itu mereka keluar dan digantikan para kakak. mereka sinis sekali mukanya aaa >< dag dig dug.. trus di papan tulis ditulis kesalahan dari kami salah apa? ini juga kenapa? aku bingungg sungguh :3 kami harus melakukan pembelaan pada tiap poin kesalahan ada saudaraku yang sampai menangis. pukul setengah lima mamaku mengetuk pintu dan menjemputku karena aku harus les di LIA. oke aku berhenti pembekalan sampe di situ. 

teman-temanku merencanakan kumpul di salah satu rumah saudaraku untuk memperbaiki kesalahan kami. mereka kumpul sampai jam 12 malam oh tidak aku terkejut dan aku merasa bersalah tidak ikut dengan mereka. 

22-24 Oktober 2013
hari diklat ruang masih sama seperti sebelumnya. tapi pada hari itu sebelum "evaluasi" kami diberi materi dari guru maupun kakak-kakak.
22 : proporsal sesuai EYD oleh Bu Maryamti
23 : cara wawancara oleh Pak Agus
24 : seni dan design oleh mas hamon
Pada tanggal 22 itu kami disuruh buat MAJALAH dan membawa roti berdiameter 25 cm dan ada cap 25jari dari kami. aku juga menyempatkan diri untuk berkumpul di rumah saudara sampai jam 10 demi memperbaiki segala kesalahan dan membahas majalah pertama kami. Hari kamis pas tanggal 24 itu aku bela sejadi-jadinya dan aku lagi gak enak badan aku paksain sampai aku ga kuat dan keluar dari ruang diklat.

25 Oktober 2013
Harusnya sih ga ada nih diklat tambahan. tapi ada diklat tambahan. materi hari ini adalah praktek wawancara. kami dibagi menjadi 6 kelompok kalau tidak salah setiap kelompok ada 4 orang. kelompokku pun mewanwancarai seorang mentor untuk mentoring setiap hari Jum'at dan bergegas membuat artikel. hari ini aku ijin mengikuti diklat hanya sampai jam setengah tiga dikarenakan aku sakit. mamaku menjemputku dan aku ijin kepada saudaraku. aku ingin periksa ke dokter sungguh sakit sekali badan ini, jiwa ini.

Malam harinya aku di telepon untuk ikut kumpul sampai malem lagi, aku tidak ikut karena aku sakit. maaf sekali tapi benar badanku rasanya hanya ingin istirahat saja suaraku hilang entah kemana. Radang tenggorokan ini cukup menyiksa. mereka berkumpul untuk membahas majalah. karena majalah yang kami setorkan pada hari Jum'at DISOBEK. 100rb raib sudah. kami sudah berusaha membuat sebagus mungkin.

27 OKTOBER 2013
YAH AKHIRNYA DIKLAT PUNCAK. AKHIRNYA!
kami berkumpul pagi sekali . jam 6 pagi untuk apel dan dilanjutkan game.game seru sih aku sedikit melupakan segala evaluasi yang sudah terjadi. jam 9 kami dibagi menjadi 2 kelompok untuk membuat mading, ya kami telah merencanakan untuk mading pada malam minggu di rumah salah satu saudara kami untuk membahas semuanya. kami berkumpul sampai jam 10 kalo tidak salah. ada yang berkumpul untuk membahas majalah juga. AH majalah :|
1 jam 15 menit waktu yang diberikan untuk membuat mading. setelah selesai kami kembali ke ruang untuk mendengarkan kritik dan saran untuk mading. Kami mendapat pelajaran banyak untuk pembelajaran mading kali ini.
Siang pun menyapa, majalah kami ditagih kelengkapan saudara kami juga ditagih. kami langsung bingung. intinya ya dari siang sampe sore itu kita dibentak habis-habissan. Bu lurah dan Pak Lurah juga keluar karena sudah tak tahan, mereka sakit.

#Makan Siang
yang ditunggu-tunggu tiba. kami makan siang. tapi kami kaget saat melihat keadaan kelas yang berantakan dan kami harus menatanya. Oh oh aku bingung sungguh. kami harus merubahnya karena ada kesalahan.
peraturan makan pun banyak sekali ga boleh nyentuh meja, ga boleh kelihatan gigi, ga boleh bicara dll pokoknya berat. ya pertamanya kami ditanya mau makan apa. ayam goreng dada dan paha tertulis di sana. Ya aku jujur aja mau ayam goreng dada, tapi kami harus tutup mata dan... jeng-jeng itu pare..
parenya ga kerasa sih, minumnya teh anget hambar gitu.. :|

habis makan siang udah deh tu kita evaluasi terus berjalan sampai jam 5 kalo ga salah :| mendekati jam 5 nah ini kejem supsen sama senior berantem aku bingung harus gimana....
tiba-tiba salah dua saudara kami ada yang ditarik keluar menuju lapangan belakang, kami pun berlari.. kami juga ingin didiklat bukan cuma mereka aja..
akhirnya kami dipermainkan cukup lama hingga akhirnya magrib kami diikrarkan bak penjabat tinggi mengucap janji, aku terharu sungguh.. demi mendapatkan sebuah pin official crew of wikarya perjuangannya sampai sakit mental segala... :v

this is the end of my story :") bakal jadi apa kalau aku yang diklat juniorku? ga kebayang ._.

Comments