YUK, TUTUP AURATNYA!!

Al-Ahzab ayat 59 adalah bukti dasar, firman Allah SWT yang menyeru hamba-Nya(muslimah) untuk menjulurkan jilbabnya hingga menutupi dada dan tidak membentuk lekuk tubuh. Hadis Rasulullah pun mengkuatkannya dengan tata cara berjilbab yang benar, tidak terlihat punuk untanya. Firman Allah bukannya harus dilaksanakan ya? Well, it should be. Tapi masih banyak muslimah yang ngelanggar itu? Aku pun juga ga ngerasa udah paling bener berjilbab, no at all. Aku cuman mau berbagi ilmu aja, dan lagian aku juga baru mengistiqomahkan usahaku memenuhi syariatnya seperti yang terungkap di atas, aku juga masih belum sepenuhnya berjilbab, semisal nih di rumah kan mamaku punya toko yang terkadang mamaku baru masak dan aku harus cepat melayani pembeli, jadi intinya aku masih susah berjilbab di rumah. Padahal.. astaghfirullah :”) aku sedih deh, beneran sedih huaa :(  So, let’s start this!
1.      Jilbab, kerudung, sama hijab itu bedanya apa sih?
Kerudung itu bahasa indonesianya jilbab yaitu penutup aurat. Sedangkan hijab itu berarti penutup. Iya hijab itu bukan untuk artian penutup aurat sebenarnya lho.
2.      Kalo jilbab penutup aurat seharusnya jilbab harusnya seperti mukena dong?
Hm, analogi iya sih. Jadi syari’at kita berjilbab mungkin seperti mukena itu. Benar-benar longgar, tidak memperlihatkan lekuk tubuh, dan tebal tidak transparan.
3.      Kenapa jadi muslimah harus seribet itu sih, kenapa harus menutup aurat?
Simple. Karena wanita itu terhormat dalam islam. Wanita itu makhluk paling dicintai oleh Allah. Bayangkan aja deh kamu beli permen yang udah ga ada bungkusnya? Masih mau? Kan pasti udah dihinggapi semut, lalat, dll. Menjijikan ya? Ya sama kalau kamu ga mau membungkus badan kamu.
  4.      Tapi kalo ga langsung segede itu gak apa-apa kan?
Iya gapapa banget kok. Allah menghargai hamba-Nya yang mau menyeru perintah-Nya insya Allah. Selama kamu berprosesnya cepet, ga ditunda-tunda, kan kita gak tahu kapan waktu kita dipanggil Allah? :)
  5.      Terus miris gak sama peristiwa jilbobs?
BANGET! Jilbobs apa sih? Jadi dia berjilbab, tapi pakaian masih ketat, pendek, dll. Tapi harus aku akui dulu ketika aku berproses menuju tahap ini aku juga masih jilbobs gitu. Jadi aku anggap para jilbobs itu lagi berproses. Balik lagi ke jawaban no 3. Allah pasti tetep menghargainya.
6.      Lalu, bagaimana dengan tanggapan “ah risih ah pakai jilbab” ?
Well, untuk pertama mungkin iya. Tapi kalo kamu bener-bener ikhlas karena Allah Ta’ala apapun itu pasti mudah dijalani. Gak                                 percaya? Coba aja. Jilbab itu perintah-Nya lo, langsung dari Allah, Tuhamu.
7.      Kalo tanggapan “Aku mau menjilbabi hatiku dulu, biar bener perilakunya dulu baru ntar berjilbab” gimana?
Aku paling sebel jawaban ini. Klise banget. Dan ini jawabanku, bener-bener aku rasain sendiri. Ga omongan orang lain. Jadi gini, emang sih aku dari TK udah disuruh berjilbab tapi kan ya namanya anak kecil masih lepas-pakai. Semakin aku beranjak dewasa aku mulai malu, iya malu kalo ga berjilbab walaupun waktu sd-smp aku masih jilbobs gitu u,u . Nah, mulai SMA aku mulai berniat untuk coba istiqomah menutupi dada. Aku coba. Sumpah, hari pertama gerah banget dan pusing banget apalagi itu lagi mikir matematika sama biologi. Aku coba terus. Aku mau dapat ridho Allah ga tanggung-tanggung. Dan ternyata? I’m survive dan hal baik apa yang mengikuti? Selalu pasti gini dalam benakku “Duh jilbab udah gini kok mau ngomong kotor, kok mau ngebentak, kok mau hibah, apa kata orang ah malu.” I really felt this one by myself. Jadi pada intinya, kalo kamu menyeru amal ma’ruf pasti Allah bakal menghindarkan kamu dari kemungkaran. Jadi, masih tetep mau ditunda?
8.   Ada orang yang nyeletuk “Berjilbab kok kelakuannya buruk banget sih. Mending gue, ga ketutup tapi tetep baik.” Pendapatmu?
Dia ga ngaca. Dah gitu aja sih. Saling muhasabah(intropeksi diri) aja. Yang udah jilbab mikir eh emang iya ya kata-kataku buruk? Segera istighfar sama Allah banyak-banyak. Terus yang ngatain itu dicerna lagi omongannya, gitu itu kelakuan baik apa bukan? :)
9.      Terus gimana tanggapannya kalo jilbab sekarang cuman jadi fashion doang?
Susah juga sih jawab pertanyaan yang ini. Karena aku sendiri pun menganggap kalo jilbab itu fashionnya muslimah, identitas seorang muslim. Mungkin gini, kalo memang jilbabnya udah sesuai syariatnya dan mengakui jilbab sebagai fashionnya kenapa enggak? Opiniku gitu, sih. But, kalo jilbab cuman the way to famous nah ini yang salah :) sama halnya jilbab yang dipakai kalo ke masjid, pengajian, atau pas ramadhan doang. Ada udang di balik batu.
10.  Kan telapak kaki itu juga aurat, tapi kita masih sering ga pakai kaos kaki. Gimana tuh?
I do this also. Hmm :( dan aku lagi mencoba, terus ngecoba. Terkadang buat menetralisir aku sekarang pake sneakers kalo lagi pergi sama temen hehe. Karena kalo aku pakai sneakers gitu otomatis aku harus pakai kaos kaki biar ga risih dan lecet. Ini balik ke pribadi masing-masing aja sih. Ada niatan apa enggaknya.
11.  Ada keinginan di model-model gitu ga sih jilbabnya?
Aku belum sepenuhnya syar’i. Ah pokoknya ngak ada apa-apanya sama mereka-mereka yang aku jadikan panutan. Jadi, ya aku masih pingen model-model gitu kok. Tapi sekarang pasti milih yang nutup dada, gak transparan, dan ga bentuk(yang satu ini susah) karena lilitan itu menyebabkan kebentuk hehe:3 dan boleh kok ngemodel-model asal tetep syariatnya terpenuhi, guys.

Dan pada akhirnya, aku bersyukur banget bisa sampai ke titik ini. Coba aja kalau aku gak masuk Rohis SMAN 3 Surakarta, ga tahu deh mau sampe kapan berprosesnya. Well, sebenarnya bukan organisasinya ya tapi kualitas orang-orang yang ada di dalamnya. Kadang aku berpikir, ini mungkin hikmahnya kenapa aku jadi minoritas. Jadi, minoritas gak selamanya buruk. Kamu malah ngerasa menemukan islam di sana. Islam yang kaffah. Aku belum puas sama ini semua, karena ya emang ini belum sempurna. Aku masih harus banyak banget mencari ilmu untuk menuju kaffah(sempurna). Do’ain ya siapapun yang baca post ini. Semoga bermanfaat dan berhasil meng-sugestikan-mu untuk segera berproses menuju kebaikan. Salam Ukhuwah, ukhti!!

NB : Post ini bukan ajang untuk membanggakan diri penulis. Ini murni berbagi pengalaman dan sebiji ilmu dari penulis saja. Have a nice reading then.



Source : Kartun Muslimah

Comments