How I Feel about Lebaran

Jika kau bertanya tentang
Siapa yang tak mampu menikmati suasa hangat lebaran
Itulah aku
Mungkin aku yang tak pandai bersyukur

Kurasa dosaku terlalu banyak
Kurasa puasaku tak mampu menjadi maghfirahku
Kurasa dzikirku tak mampu menjadi penenang jiwaku
Kurasa tilawahku hanya ajang menuntaskan baca Al-qur'an bukan mengambil hikmah dari firman-firman dahsyat Allah
Kurasa sholat-sholat fardhu dan sunnahku penuh cacat sana sini
Tak khusyuk dan hanya bisa berkhayal dalam setiap gerakan
Kurasa hawa nafsu duniawianku masih membuncah bak kibaran api
Kurasa aku masih terus saja melihat keburukan orang lain
Kurasa apa yang aku lakukan selama ramadhan ini adalah kesia-siaan
Aku hanya berkhayal tak jelas
Aku hanya menonton tontonan tak berfaedah tuk habiskan waktu
Tak ku gerakkan kaki dan tanganku untuk kebaikan pada orang lain
Tak ku gerakkan kesempatan lapang ini untuk meringankan beban orang lain
Tak ku lakukan sebuah pencapaian untuk membahagiakan kedua orang tuaku
Aku menyesal
Dan penyesalan ini sungguh sia-sia
Semua telah berlalu begitu saja
Begitu cepat
Tak mau tahu.

Ada banyak asa
Ada pula sedikit usaha
Itulah aku
Tenggelam dalam mimpi tak berujung dan usaha ala kadarnya

Ada banyak kelurga
Ada pula sedikit kasih sayang dan perhatian dariku
Aku selalu saja mengecewakan mereka
Mematahkan harapan-harapan mereka
Memusnahkan keyakinan kuat di dada mereka
Menyakiti niat dan hati tulus yang hanya akan kudapat dari mereka
Aku tak mengerti
Kapan dan bagaimana aku bisa menjadikan
Sarangku bagaikan surga

Yang aku tahu
Diriku perlu banyak berbenah
Untuk keluarga, kerabat, dan kawan-kawanku.
Untuk jiwa yang lebih tentram
Untuk pribadi yang lebih bersyukur
Tapi satu hal yang tidak aku tahu
Bagaimana
Langkah awal apa untuk merubah semua ini?
Duhai diri, kau tahu tapi kau tak mau. :")

Anyway, Happy Ied Fitri everyone.
May Allah blessed us :)

Comments